Nama / Judul Jenis Bidang Tim Inovator Semester Tahun Ajaran Deskripsi File
Budidaya Anggur Laut Pada Bak Terkontrol produk_inovasi Akuakultur Kadek Lila Antara, S.Pi., Dr. Gede Iwan Setiabudi, S.Pd., M.Si., Dr. I Nyoman Dodik Prasetia, S.Si., M.Si. Ganjil 2020/2021 Budidaya anggur laut (Caulerpa lentillifera) menggunakan bak beton. Anggur laut umumnya didapatkan langsung dari laut. Keberadaan anggur laut di habitat alami sangat tergantung musim. Beberapa daerah telah berhasil membudidayakan anggur laut di tambak. Namun memiliki kendala dalam pengaturan kualitas air, bau yang menyengat, dan juga masih dipengaruhi musim. Budidaya Anggur Laut dalam bak terkontrol dilakukan pada bak beton dengan pengaturan air, system aerasi dan disinfeksi produk
Asinan Anggur produk_inovasi Akuakultur Kadek Lila Antara, S.Pi. Ganjil 2020/2021 Asinan Anggur Laut merupakan metode pengawetan anggur laut. Umumnya anggur laut hanya dapat di konsumsi dalam bentuk segar. Kesegaran anggur laut hanya dapat bertahan selama 7 hari. Dengan menggunakan metode asinan anggur laut, produk dapat disimpan hingga 6 bulan, dapat disimpan dalam kulkas dan mudah dibawa.
ANTICOV HAND SANITIZER produk_inovasi KIMIA Dr. I Gusti Lanang Wiratma, M.Si., I Gusti Lanang Agung Raditya Putra, S.Pd.,M.T., Ida Bagus Nyoman Pascima, S.Pd., M.Cs. Ganjil 2020/2021 Inovasi Hand Sanitizer berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana. Komposisi ANTICOV Hand Sanitizer teriri dari alkohol 70% ditambah rebusan daun sirih dan aroma melati.
DESSERT WINE SIBETAN produk_inovasi KIMIA Dr. I Nyoman Tika, M.Si., I Gusti Ayu Tri Agustiana, S.Pd., M.Pd. Ganjil 2020/2021 Dessert Wine Sibetan adalah wine yang terbuat dari buah salak Bali, diproduksi dengan menggunakan ragi Saccharomyce cereviciae hibrida lokal. Ragi yang unggul untuk menghasilkan wine salak Bali Minuman wine salak Bali dapat membuat langit-langit mulut peminumnya merasakan kesegaran, sensasi buah salak yang nikmat. Tannin yang dapat dicerna dan halus tidak menganggu pecernaan. Wine Sibetan merupakan minuman beralkohol yang menyegarkan dari buah salak bali pilihan Dihasilkan dari hasil proses destilasi dan penyaringan ultrafiltrasi dengan membran yang dapat memisahkan endapan yang menggangu, serta memiliki rasa natural yang khas dan kuat. Mengandung kadar alkohol dengan aneka pilihan 2-12%.
Kopi Luwak In Vitro produk_inovasi KIMIA Dr. I Nyoman Tika, M.Si., I Gusti Ayu Tri Agustiana, S.Pd., M.Pd. Ganjil 2020/2021 Kopi Luwak In Vitro merupakan kopi luwak fermentasi merupakan kopi robusta yang tumbuh di Desa Wanagiri Kecamatan Sukasada Buleleng Bali . Kopi yang diproduksi melalui fermentasi dengan mikroba Bacillus LWK-1 yang diisolasi dari usus luwak. Memiliki rasa dan aroma yang hampir menyamai kualitas kopi luwak asli, gurih, memberikann sesasi yang hangat dan menyegarkan. Rasa dan aroma , Komposisi senyawa fenoliknya jauh lebih tinggi, Kadar kafein yang rendah Produksi kopi luwak in vitro tersedia secara cepat dan murah.
Proses Pembuatan dan Formulasi Mie Kering Tempe dan Ekstrak Wortel sebagai Pangan Fungsional produk_inovasi kimia pangan Dr. Siti Maryam, M.Kes. Ganjil 2020/2021 Pembuatan dan formulasi mie kering tempe yang disubstitusi dengan tepung tempe dan ekstrak wortel menggunakan bahan campuran dari tepung terigu, tepung tempe dan ekstrak wortel dilakukan. Tepung tempe yang dipakai dibuat melalui tahapan pembuatan tempe, mengirisnya kecil kec il, mengeringkannya perlahan dan memblendernya dan mengeyak hingga berupa serbuk. Demikian juga ekstrak wortel dibuat dengan jalan pencucian, sortasi, blender dan pemisahan filtrat dan ampas. Proses pembuatan mie tempe yang disubstitusi dengan tepung tempe dan ekstrak wortel dilakukan melalui tahap pencampuran bahan, menguleni, pembentukan lembaran, pembentukan untaian mie, pemotongan mie, pengukusan mie, pengeringan mie, pendinginan dan pengemasan.Invensi ini menghasilkan mie dengan karakteristik kimia, f isik, organoleptik dan fungsional yang lebih baik bila dibandingkan dengan mie yang dibuat dari tepung terigu (standar). Sehingga harapannya mie tempe ini akan lebi h diterima oleh masyarakat sehingga dapat mendukung program penganekaragaman pangan dan peni ngkatan gizi keluarga.
Nanokomposit Silika-Karbon produk_inovasi Kimia Dr.rer.nat. I Wayan Karyasa, S.Pd., M.Sc. Ganjil 2020/2021 Nanokomposit silika-karbon adalah bubuk nanopartikel komposit silika-karbon yang terbuat dari abu sekam padi dengan proses pembuatan nanopartikel secara top-down dengan tahapan pre-treatmen kimiawi terhadap abu sekam padi, penggilingan dengan ball-mill berulang-ulang, post treatment secara kimiawi atau hidrotermal. Nanokomposit silika-karbon memiliki sifat-sifat unggul sebagai filler penguat dan sebagai prekursor dalam pembuatan bubuk nanopartikel silikon karbida sebagai kandidat material maju untuk elektronik, super keras dan super ringan.
Wine Nol Persen Alkohol produk_inovasi Pangan /Kimia Dr. I Nyoman Tika, M.Si., I Gusti Ayu Tri Agustiana, S.Pd., M.Pd. Genap 2019/2020 Wine nol persen alkohol adalah produk minuman fermentasi yang tidak mengandung alkohol. Alkohol yang terbentuk telah dimanfaatkan oleh ragi Sacharomyces hibrida lokal, wine ini merupakan minuman fermentasi yang kaya senyawa resveratrol yang berguna menjaga stamina dan anti stroke Ragi ini adalah isolat yang ditemukan di Singraja
Ragi Hibrida Lokal produk_inovasi Kimia Pangan Dr. I Nyoman Tika, M.Si., I Gusti Ayu Tri Agustiana, S.Pd., M.Pd. Genap 2019/2020 Ragi Hibrida Lokal, merupakan jenis ragi unggul yang digunakan untuk proses fermentasi ragi pada kondisi dorman (bentuk powder), sehingga efektif dan tahan lama. Berguna untuk memproduksi minuman fermentasi seperti wine anggur, wine salak, dengan perlakukan khusus dapat memproduksi wine dengan kadar alkohol rendah (nol) persen alkohol.
Le-Lac Coffee produk_inovasi Kimia Pangan Dr. I Nyoman Tika, M.Si., I Gusti Ayu Tri Agustiana, S.Pd., M.Pd. Genap 2019/2020 Lelac Coffee merupakan kopi luwak fermentasi merupakan kopi arabika yang diproduksi melalui fermentasi dengan mikroba dari usus luwak. Memiliki rasa dan aroma yang hampir menyamai kualitas kopi luwak asli, gurih, memberikan sesasi yang hangat dan menyegarkan. Rasa dan aroma , Komposisi senyawa fenoliknya jauh lebih tinggi, Kadar kafein yang rendah Produksi kopi luwak tersedia secara cepat dan murah.
BALISYNWOOD: Produk dan Teknologi Kayu Sintetik Diperkuat Nanokomposit Silika-Karbon produk_inovasi Kimia Dr.rer.nat. I Wayan Karyasa, S.Pd., M.Sc. Genap 2019/2020 Inovasi Balisynwood merupakan inovasi produk dan teknologi kayu sintetik yang dibuat dari serat lignoselulosa dari biomassa tropis kaya silikon non-kayu yang diperkuat dengan nanokomposit silika-karbon yang terbuat dari abu sekam padi. Inovasi ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan kayu tropis dan aneka produk kerajinan kayu tropis yang terus meningkat namun penyediaan bahan baku terhambat dari isu penyelamatan hutan tropis sebagai paru-paru dunia yang menyebabkan perlunya legalitas terhadap produk-produk kayu teropis tersebut. Temuan-temuan teknologi pendukung seperti pengolahan limbah biomassa tropis kaya silikon menjadi serat lignoseluloas kaya silikon dan nanokomposit silika-karbon yang digabungkan dengan teknik moulding dan casting menggunakan triaksial blend menghasilkan teknologi dan produk-produk yang kami sebut sebagai Balisynwood. Hasil riset dan pengembangan ini telah diukur tingkat kesiapan teknologinya (TKT atau TRL) yang menempatkan Balisynwood pada level 9 dan tingkat kesiapan inovasinya (TKI atau IRL) pada level 4. Hasil studi pasar terhadap produk-produk Balisynwood menunjukkan prospek bisnis yang sangat baik dengan peluang usaha kreatif. Pendirian Spin-Off UD. Balisynwood telah berhasil melakukan penjualan awal dan melakukan refleksi terhadap rencana usaha yang telah dibuat.